PENTINGNYA AQIQAH DAN SYARI'ATNYA

KATA PENGANTAR
Alhamdulillah kita panjatkan sebagai ungkapan rasa syukur kita kehadirat Allah . Atas segala karuniaNya. Karena hidayah serta inayah-Nya lah kami dapat menyajikan risalah singkat yang membahas tentang keutamaan aqiqah dan syari’atnya sesuai dengan tuntunan Rasulullah ini kepada para pembaca sekalian.
Man Shalla Alayya Wahidatan Shallallahu Alaihi Asran. "Barang siapa bershalawat satu kali kepadaku maka niscaya Allah akan bershalawat atasnya sebanyak sepuluh kali" (Al-Hadits). Mari kita haturkan shalawat dan salam kepada junjungan nabi besar Muhammad . yang telah membimbing kita menuju sebuah pencerahan yaitu Islam, Rahmatan Lil Alamin.
Ungkapan rasa terimakasih juga kami sampaikan kepada bapak, emak, istriku Siti Aisyah dan keluarga besar kami di Jember dan Lumajang serta para sahabat-kerabat yang kami sayangi. Semoga senantiasa mendapat Rahmat, Hidayah serta Inayah Allah .
Kami hadiahkan risalah singkat ini kepada ikhwan muslimin bersamaan dengan Aqiqah ananda kami "MUHAMMAD KHOIRUL AMIN"
Semoga kelak menjadi anak yang Sholeh, Tafaqquh fiddin, Hafidz, Istiqamah dalam ilmu dan amal serta menjadi seorang Dai penegak sunnah yang mukhlis. Semoga risalah ini dapat menjadi jariah bagi kami dan bermanfaat bagi kita semua, amien.
Wallahul Musta’an…
Penyusun

MUQADDIMAH
Islam adalah agama yang syumul (universal). Agama yang mencakup semua sisi kehidupan. Tidak ada suatu masalah pun, dalam kehidupan ini, yang tidak dijelaskan. Dan tidak ada satu pun masalah yang tidak disentuh nilai Islam, walau masalah tersebut nampak kecil dan sepele. Itulah Islam, agama yang memberi rahmat bagi sekalian alam.
Masalah kelahiran juga tidak luput dari pembahasan, mulai sejak pembentukan janin hingga menjadi seorang bayi telah banyak dibahas dalam Islam. Namun di sini penyusun hanya akan membahas tentang Aqiqah dan hal-hal yang terkait dengannya.
Menurut hemat penulis, masalah aqiqah ini sangat perlu sekali disampaikan agar kita dapat mengetahui bahwa aqiqah merupakan sunnah Nabi Muhammad yang semestinya kita amalkan, sebagai umat muslim pengikut Nabi kita harus senantiasa meneladani sunnah-sunnah beliau.
Di dalam risalah ini, penulis akan membagi dalam beberapa pembahasan yaitu pengertian aqiqah, dalil-dalil syar’i tentang aqiqah, waktu pelaksanaan aqiqah, membaca basmalah ketika menyembelih dan sunnah-sunnah lain dalam menyambut kelahiran.

DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR
MUQADDIMAH
Pengertian Aqiqah
Dalil-dalil Syar'i Tentang Aqiqah
Waktu Pelaksanaan Aqiqah.
Hewan (kambing) untuk Aqiqah
Membaca Basmalah ketika Menyembelih
Sunnah-sunnah lain dalam menyambut kelahiran
PENUTUP

SELENGKAPNYA DOWNLOAD di sini

0 Komentar:

Posting Komentar

Tuliskan komentar anda di sini!
semoga bermanfaat! Terimakasih.
Wassalam...