MEMPERBAIKI FLASDISK YANG TIDAK BISA DIFORMAT

Kemarin pas menjelang Ujian Akhir Semester Ganjil saya telah menyusun soal-soal ujian bahasa arab (untuk kelas VII, VIII dan kelas X), bahasa inggris (untuk kelas VII) dan Sejarah kebudayaan Islam (untuk kelas VIII) di rumah. Berhubung di rumah tidak ada printer di rumah untuk mencetak soal-soal tersebut maka saya bermaksud untuk mencetaknya di sekolah.

Nah untuk memindakan file soal-soal tersebut saya membutuhkan sebuah alat transfer (Flash disk). Namun … setelah saya colokkan Flashdisk (punya saya adalah flashdisk kingstone dengan kapasitas 2GB) tersebut pada port USB komputer saya ternyata flashdisk tidak bisa digunakan karena ada pesan “flashdisk harus diformat” tetapi setelah saya format ternyata tetap tidak bisa.



Saya pusing sekali memikirkannya, karena soal-soal tersebut harus segera dikumpulkan dan di analisa oleh panitia ujian. Saya sudah mencoba beberapa cara seperti memformat menggunakan USB MultiBoot 10, menggunakan HP USB Disk Storage Format Tool 2.1.8, bahkan menggunaka software-software lainnya yang katanya bias digunakan untuk memperbaiki flashdik yang rusak.

Akhirnya saya berkonsultasi dengan mbah google, di sana saya menemukan sebuah situs dari rusia yang bisa memberikan solusi terbaik atas permasalahan yang sedang saya hadapi. Situs tersebut adalah http://flashboot.ru/iflash.html

Baiklah untuk mempersingkat, saya akan sharing bagaimana cara memperbaiki flashdisk yang tidak bias di format tersebut. Caranya adalah sbb:

1). Kita pake usb viewer untuk melihat VID (Id Vendor) dan PID (Id Product), untuk softwarenya bira download disini USB VIEW .lihat gambarnya di bawah


2) Setelah kita mengetahui VID dan PID, kita bisa lihat penjelasan dari kode tersebut

3) Software buat nge flash ulang usb flashdisk kingston G2 2GB. softwarenya nama nya FC_MpTool_FC8308_FC8508_FC8406_v04.01.00, tp gak semua kingston G2 2GB sama VID dan PID nya, mending di check dulu deh. Saya dapat di situs rusia http://flashboot.ru/iflash.html. ternyata di situs ini banyak berbagai macam software repair buat macam2 merk dan type flashdisk.

Untuk mencari software buat flashdisk selain kingston tinggal masukkin VID (id vendor) atau PID (id product) di kolom paling atas (search mungkin ya?, soalnya bahasa rusia) nanti bisa terlihat VID dan PID kita yang sama kapasitasnya dan jenis usb flashdisk kita. tinggal kita lihat software apa yang cocok buat itu.

4) Setelah kita download softwarenya baru kita jalankan software tersbut dan mengikuti langkah-langkah yang telah disarankan. Walhasil… Alhamdulillah flashdisk sudah bias digunakan lagi…



Selamat mencoba ya!

5 Komentar:

Anonim mengatakan...

langkah2 ngejalanin software nya gmna om yg FC_MpTool_FC8308_FC8508_FC8406_v04.01.00

Mahmud mengatakan...

Ya tinggal jalankan aja programnya maskkan flashdisknya refresh, setelah itu baru start kemudian tunggu sampai prosesnya selesai.
setelah selesai tutup aplikasinya n flashdisk dapat anda gunakan kembali. selamat mencoba ya!
maaf telat jawabnya, saya cm bisa online dari warnet. hehehe...
Terimakasih atas kunjungannya! semoga beruntung

Budi Haryanto ( Abu Hisyam) mengatakan...

Terima kasih gan, ane telah terbantu dengan tutorial ini. Flashdisk ane sudah berfungsi kembali. Yang tersulit adalah mencocokkan software yang sesuai dengan flashdisk kita, setelah memasuk VID & PID ke flashboot.ru ada banyak sekali daftarnya. he...he...he...

Unknown mengatakan...

gan di utils nya cuma ada tulisan http://flashboot.ru/iflash/add/ trus diapain nih gan???

Unknown mengatakan...

gan di utils nya cuma ada tulisan http://flashboot.ru/iflash/add/ trus diapain nih gan???

Posting Komentar

Tuliskan komentar anda di sini!
semoga bermanfaat! Terimakasih.
Wassalam...