DOWNLOAD EBOOK TUTORIAL BELAJAR VISUAL BASIC 6.0

Salam hangat para surfer online, kali ini saya akan membagikan ebook  Tutorial Belajar Visual Basic 6.0. yang saya dapat dari www.jakapramana.com.

Visual Basic 6.0 merupakan suatu bahasa pemrograman di berfungsi untuk menciptakan suatu aplikasi Windows yang bersifat grafis (Grapical User Interface). Umumnya, perangkat lunak ini sering digunakan untuk membuat sistem informasi database meskipun sudah agak tertinggal dibanding Visual Basic 2008 ataupun Visual Basic.Net yang merupakan generasi setelahnya. Adapun aplikasi yang umum dijumpai dan berasal dari Visual Basic 6.0 ini adalah aplikasi perhitungan gaji dan penjualan barang. Untuk databasenya sendiri ia telah bisa menggunakan Microsoft Access, SQL Server dan Oracle.

Di Eranya, Visual Basic 6.0 merupakan perangkat lunak primadona yang sangat banyak digunakan oleh para programmer. Selain itu, Visual Basic 6.0 juga merupakan perangkat lunak favorit para developer dibanding bahasa pemrograman lain seperti Pascal. Hal ini dikarenakan Microsoft Visual Basic 6.0 dapat menambahkan sendiri sebagaian program secara otomatis ke dalam program pekerjaan akan menjadi lebih mudah. Fasilitas inilah yang tidak ada pada perangkat lunak pesaingnya. Selain itu, fasilitas click and drag juga membuat tampilan menjadi lebih menarik sesuai dengan keinginan. Visual Basic 6.0 juga menyediakan fasilitas yang memungkinkan kita untuk suatu program melalui pemasangan objek-objek grafis ke dalam sebuah form dan kemudahan dalam mengatur dan mengelola suatu databasenya.

Hal yang paling membuat Visual Basic 6.0 istimewa adalah Object Oriented Programming,  yang mana pemrograman tersebut telah berorientasi objek yang tentunya akan mempermudah para user dalam menciptakan ataupun merancang aplikasi.

Sejarah Visual Basic

Pada tahun 1975, Paul Allen dan Bill Gates mencoba menawarkan Interpreter BASIC kepada Ed Robert selaku pemilik perusahaan MITS. Perusahaan ini bergerak dalam bidang perakitan komputer mikro Altair 8800 dengan RAM 4 KB. Dalam pertemuannya, Ed Robert berjanji akan membeli interpretar BASIC tesebut apabila dapat dijalankan pada komputer Altair. Saat melakukan demonstrasi, mereka sempat lupa untuk menambahkan program loader agar program tersebut dapat terbaca pada komputer Altair. Dengan cepat Paul Allen langsung menambahkannya sehingga bisa meletakkan interpreter BASIC yang ada di paper tape ke dalam main memory Altair. Meskipun dengan masih banyaknya kekurangan disana sini, Interpreter BASIC akhirya dapat dijalankan di komputer Altari dan Ed Robertpun jadi membelinya. Inilah menjadi cikal bakal dari lahirnya Visual Basic, mulai dari versi 1.0 hingga 10.
Generasi pertama dari Visual Basic adalahVisual Basic 1.0. Versi telah didukung oleh Event Driven yang merupakan gaya pemrograman berupa antarmuka pemakai grafis. Dengan sifat yang mengutamakan visual, maka perangkat lunak tersebut akan memperlihatkan hasil program meskipun belum dijalankan. Berikutnya dalah Visual Basic 2.0, versi ini dirilis sekitar Bulan November pada tahun 1992. Versi ini dibuat dengan menambahkan cakupan pemrograman dan kecepatan dalam memodifikasi program. Pada Versi Visual Basic 4.0, Microfost telah menambahkan 2 compiler yang terpisah dan berbeda untuk windows 16  dan 32 bit. Untuk versi-versi selanjutnya tentu saja ada penambahan fasilitas yang tentunya akan mempermudah para programmer dalam merancang program yang didinginkannya.

Kelebihan Visual Basic 6.0

  1. Visual Basic 6.0 memiliki kurva pengembangan yang relatif lebih sedikit dibanding bahasa pemrograman sejenis seperti  C++ ataupun PowerBuilder.
  2. Banyak fungsi-fungsi sudah di embedded ke dalam syntax sehingga kompleksitas pemanggilan fungsi windows API telah dihilangkan.
  3. Program-program PAD sangat cocok dan mudah dikebangkan dengan perangkat lunak ini.
  4. Visual Basic 6.0 sangat baik dalam pembuatan program ataupun aplikasi bisnis.
  5. Visual Basic 6.0 telah dilengkapi dengan fasilitas ActiveX Control
  6. Banyak komponen-komponen yang berasal dari pihak ketiga dapat berjalan di perangkat lunak ini.
  7. Memiliki fasilitas wizard yang berfungsi untuk mempersingkat pengembangan suatu aplikasi.
  8. Visual Basic 6.0 telah bersifat Object Oriented Programming.
  9. Sektor Client dan Servernya telah dapat diintegrasikan dengan internet.
  10. Visual Basic 6.0 telah mendukung dalam pembuatan ActiveX Automation Server dan telah terintegrasi dengan Microsoft Transaction Server.
Untuk download ebooknya secara lengkap silahkan kunjungi alamat www.jakapramana.com

1 Komentar:

Mahmud mengatakan...

betul..betul..betul...
mumpung masih sempat, saya gunakan untuk berbagi. semoga bermanfaat.
punya ente gimana?

Posting Komentar

Tuliskan komentar anda di sini!
semoga bermanfaat! Terimakasih.
Wassalam...